Flash Voyager GT 128GB, Flashdisk 'Raksasa' Tercepat

{ Posted on 8:41:00 AM by Riza Ramdhani }


Pngen download software? Di blog saya juga bisa ko. Lihat aja di Download Software.

Saat ini flashdisk merupakan media penyimpanan portable yang banyak digunakan. Rata-rata flashdisk yang berseliweran di pasar memiliki kapasitas penyimpanan 2GB-8GB. Kini Corsair menghadirkan sebuah flashdisk berkapasitas 128GB. Wooowww, bisa nyimpen apa aja tanpa memikirkan kapasitasnya, hehe !

Bukan hanya menawarkan kapasitas penyimpanan raksasa, flashdisk besutan Corsair ini juga menawarkan kecepatan tinggi untuk menyalin data.

Flashdisk Tercepat

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan ketika memiliki flashdisk adalah kecepatan baca tulisnya yang tergolong lamban, apalagi jika kita memiliki flashdisk dengan kapasitas 128GB. Namun hal seperti itu sepertinya sudah bukan menjadi kendala bagi Corsair Flash Voyager GT 128GB.

Lalu apa yang menjadi rahasia kecepatan bagi flashdisk raksasa ini? Corsair menggunakan kontroler dengan dual-desain untuk memaksimalkan kecepatan baca tulis memori NAND MLC yang terkandung di dalamnya.

Bahkan Corsair mengklaim bahwa flashdisk ini sanggup melakukan baca tulis dengan kecepatan 32.6MB/s dan 28MB/s. Jika demikian, tentunya bakal menjadikan produk ini sebagai flasdisk tercepat yang ada di pasaran saat ini.

Untuk membuktikan hal tersebut, detikINET coba mengukur kecepatan flashdisk ini dengan menggunakan salah satu aplikasi pengukur kinerja media penyimpanan, HD Tune. Hasilnya, ternyata memang cukup cepat, yakni berada di kisaran 29,7 MB/s untuk rata-rata kecepatan membacanya.

Untuk melakukan copy paste file berukuran besar ke dalam flashdisk ini pun bukan masalah besar, detikINET mencoba menyalin sebuah file dengan ukuran 8GB, dan memang terbilang cukup cepat, dengan maksimal transfer hingga 33 MB/s.

Kapasitas Besar, Bodi pun Besar

Daya tampung yang besar pada flashdisk ini membuat ukurannya pun terbilang bongsor di jajaran media penyimpanan berbasis flash. Meski demikian, ukuran bukanlah masalah besar dengan beragam kelebihan yang dimilikinya.

Keseluruhan bodi Corsair Flash Voyager GT 128GB, dibalut dengan bahan karet yang didominasi dengan warna hitam dan orange. Bahan karet yang digunakan pun memiliki keuntungan tersendiri. Pengguna tidak perlu khawatir jika produk ini jatuh ataupun terkena percikan air. Namun sayangnya, tidak ada pengait untuk penutup flashdisk ini.

Dengan demikian, jika pengguna menginginkan sebuah alternatif media penyimpanan dengan kapasitas besar namun praktis, mungkin Corsair Flash Voyager GT 128GB dapat menjadi salah satu pilihan. Hanya saja, flashdisk ini dibanderol dengan harga yang terbilang cukup menguras kantong, yakni US$379 .

Kelebihan:
+ Kapasitas Besar
+ Kemampuan baca tulis yang handal
+ Tahan guncangan dan percikan air

Kekurangan
- Ukuran masih terlalu besar
- Harga relatif mahal

Hasil Benchmark

HD Tune
Minimum: 29,4 MB/s
Maximun: 30,3 MB/s
Average: 29,7 MB/s

HD Tach : 35,2 MB/s

Related Post



No Response to "Flash Voyager GT 128GB, Flashdisk 'Raksasa' Tercepat"

:hi :-) :*) :ok :s) :D :o) :thx
:B) :)) J:) :-J :x :(( :| :(
:iq :# :? #-o :@ J:P :o :-o

Post a Comment

Jika sudah selesai membaca, jangan lupa kasih komentarnya yaa !