Robot Terbaru NASA Siap Mendarat di Mars

{ Posted on 3:46:00 AM by Riza Ramdhani }
Tags :



Para insinyur badan antariksa AS (NASA) telah menentukan jalur pendaratan ke permukaan Planet Mars. Wahana penjelajah (rover) bernama Phoenix Mars Lander diharapkan memulai debutnya sebagai petulang planet merah tersebut sejak mendarat pada 25 Mei 2008.

Lokasi pendaratan dipilih dekat kutub utara Mars, tepatnya di kawasan lembah yang luas bernama Green Valley. Namun, keputusan akhir di titik mana rover tersebut akan mendarat baru akan diputuskan setelah foto-foto area sekitarnya selesai dianalisis. Satelit Mars Reconnaisance Orbiter (MRO) yang saat ini mengorbit planet tersebut telah memotret lebih dari 30 foto lembah tersebut dalam resolusi tinggi menggunakan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) dan akan terus mengambil gambar lainnya untuk mendukung analisis.

Area pendaratan yang dituju adalah kawasan berbentuk elips yang bergaris tengah 100 kilometer dan 20 kilometer. Para ilmuwan NASA telah memetakan lebih dari lima juta batuan di kawasan tersebut untuk mencegah risiko kecelakaan tabrakan saat Phoenix mendarat.

"Lokasi pendaran kami mengandung konsentrasi es tertinggi di Mars selain kutub utara. Jika Anda ingi mencari tempat tinggal seperti di permafrost Arktik, kawasan ini yang harus didatangi," ujar Peter Smith, peneliti utama misi tersebut dari Universtas Arizona, AS. Phoenix memang dikirim dengan misi utama menggali lapisan tanah yang kaya es. Wahana tersebut juga dilengkapi alat untuk mengenalisis sampel tanah dan air yang ditemukan untuk mencari bukti-bukti perubahan iklim dan kemungkinan adanya kehidupan mikroba.

Dalam rencana ini, Phoenix akan berputar 145 derajat terhadap bidang datar sebelum menukik ke permukaan Mars. Kemudian, mesin pendorongnya akan dinyalakan selama sekitar 35 detik. Manuver pertama yang akan dilakukan wahana tersebut sepanjang proses pendaratan adalah mengarahkan antena ke Bumi.

Dalam tujuh menit terakhir, Phoenix harus mengurangi kecepatannya dari sekitar 21.000 kilometer. Caranya dengan mengembangkan parasit dan menyalakan pendorong berlawanan dengan arah gerakannya sejak berada pada ketinggian 914 meter. Saat menyentuh permukaan Mars dengan tiga kakinya kecepatannya diperkirakan hanya 8 kilometer perjam.

"Mendarat di Mars sungguh sangat menantang. Faktanya, baru tahun 1970-an kami bisa sukses melakukannya di planet ini. Tetap tak ada jaminan berhasil, namun kami melakukan segala sesuat yang mengurangi risiko kegagalan," ujar Doug McCuistion, direktur Program Eksplorasi Mars Nasa di Washington. (NASA/WAH)

Related Post



No Response to "Robot Terbaru NASA Siap Mendarat di Mars"

:hi :-) :*) :ok :s) :D :o) :thx
:B) :)) J:) :-J :x :(( :| :(
:iq :# :? #-o :@ J:P :o :-o

Post a Comment

Jika sudah selesai membaca, jangan lupa kasih komentarnya yaa !