Robot untuk Berbagai Kepentingan

{ Posted on 1:46:00 PM by Riza Ramdhani }
Tags :

CERITA tentang dunia teknologi robotik saat ini, mungkin tidak akan ada habis-habisnya. Lain di Jerman lain di Amerika. Para pakar robotik AS kini menciptakan robot terkecil di dunia, namun memiliki kemampuan multiguna, baik untuk kepentingan militer maupun sipil. Bentuk robot itu nyaris seperti seekor capung. Robot yang satu ini mampu terbang hingga puluhan kilometer.

Dari segi militer, tujuannya untuk melakukan pengintaian di daerah musuh. Dengan alat indranya ia bisa mengirim informasi secara cermat, mengenai kedudukan, kekuatan, dan kondisi pasukan musuh. Melakukan pemotretan medan tempur sebelum dilakukan penyerangan oleh pasukan.

Matanya dilengkapi dengan alat pengindraan sinar inframerah, yang mampu melakukan pemotretan di kegelapan malam atau tempat-tempat yang kurang sinar cahayanya.Tahan embusan angin biasa, namun tidak peka oleh embusan badai. Tugas utamanya adalah memata-matai atau intelegensi, robot ini juga dilengkapi teknologi smart dan canggih. Bahkan yang lebih unik lagi, ia mampu mendeteksi cuaca, misalnya kapan hujan akan datang atau badai akan tiba.

Untuk keperluan sipil, robot ini digunakan memantau iklim mikro dan makro bagi kepentingan pertanian. Satu keunikan lagi, robot mini ini mampu mendeteksi kedatangan hama dan penyakit tanaman.

Robot mini serbaguna tersebut, kini sedang disempurnakan dan diujicobakan dalam berbagai medan dan cuaca sebelum diproduksi dalam jumlah tertentu untuk kepentingan negara. Berapa harganya? Hingga saat ini masih dikalkulasi namun untuk perhitungan sementara, robot militer ini diperkirakan harganya lebih dari 1.000 dolar AS per unit atau lebih dari Rp 10 juta.

Robot ular

Sementara itu, negara zionis Israel, untuk kepentingan militernya membuat robot ular. Robot ini bentuknya dibuat menyerupai ular, mampu merayap berkilo-kilo meter. Konon dalam percobaan di gurun pasir Negev, ular ini mampu merayap hingga sepuluh kilometer lebih. Secara fisik robot ini dibuat mirip ular, bergerak meliuk-liuk persis seperti ular phyton. Bagian kepalanya tidak berbentuk segitiga, seperti kepala ular asli namun bulat seperti corong.

Justru di bagian kepala inilah, berisi peralatan intelijen yang serbarumit. Beberapa di antaranya adalah kamera sinar inframerah , yang bisa berganti-ganti tergantung situasi siang atau malam hari. Selain kamera juga dilengkapi radar penjejak, yang sangat peka dan sensitif. Robot ular ini kerjanya sangat responsif, dalam menjejak posisi musuh. Dikendalikan dari jarak jauh, ular ini merayap dan memberi laporan posisi musuh pada malam hari.

Robot ini pertama kali digunakan pada perang terahir antara zionis dan tentara Hamas. Salah satu keberhasilan tentara mereka, selain memang didukung dengan peralatan canggih, juga dilengkapi robot-robot ular yang dilepas untuk menjejak posisi musuh .

Dalam peperangan dengan zionis, tentara Hamas Palestina jatuh korban ribuan yang sebagian besar di antaranya adalah warga sipil dan anak-anak.Memang Hamas menggunakan warga sipil sebagai benteng pelindungnya sehingga serangan Israel meluluhlantakkan penduduk sipil Palestina.Di sinilah kepiawaian tentara zionis menggunakan hitech untuk pembunuhan massal pada rakyat Palestina. Sementara di pihak zionis, korbannya hanya sedikit .

Pemakaian robot ular yang berperan sebagai pendamping Mosad (agen rahasia zionis ), di medan perang sesungguhnya telah dipraktikkan Israel. Dengan robot intelijen itu, hampir setiap jengkal tanah Palestina terekam penuh.Tak ada rahasia yang luput dari pengindraan robot ular. Karena melata di pasir, secara nyata ia luput dari tangkapan radar lawan. Dengan demikian, ia sangat leluasa menjelajahi medan tempur yang cukup luas dan menginformasikan data yang terekam lewat mata kamera yang dimilikinya.

Informasi yang terekam kemudian dianalisis oleh Mos`ad,untuk kemudian diinformasikan kembali kepada komandan pasukan yang ada di dekat kumpulan pasukan musuh.Menurut laporan “Irna” kantor berita Israel, dari 1.200 robot ular yang diikutsertakan pada tentara Mos`ad, tak ada satu pun robotnya yang tidak kembali. Kerja sama antara manusia dan robot ular Israel itu benar-benar kompak dan sinergis sehingga menghasilkan produk informasi yang sangat akurat untuk ditindaklanjuti dengan penyerangan yang mematikan.

Melihat keberhasilan Israel dalam perang dengan Hamas, negara-negara sekutu Israel berminat untuk membeli “ular intelijen” ini. Menurut rencana, Nato akan menggunakan robot itu di medan tempur Afganistan. Medan tempur Afganistan nyaris sama dengan negara Timur Tengah , gersang berbatu dan berpasir dan jarang pepohonan. Pengindraan akan lebih efektif, bila robot diikutsertakan sebagai pengumpul informasi pasukan.

Medan Afganistan,hampir sama dengan Irak. Tentara Nato sudah banyak jadi korban Taliban, baik dalam korban pertempuran langsung maupun korban pasukan bunuh diri. Berita terahir dari Januari hingga akhir Juli, tidak kurang dari 231 tentara Nato telah jadi korban dalam perang membantu tentara Afganistan.Dengan keberadaan robot ini,dunia serasa semakin sempit karena bisa dijangkau dengan alat pengindraan dan penjejak yang super canggih.Namun, keberadaan alat canggih ini akan semakin berbahaya bila dipegang oleh orang-orang berwatak jahat, seperti halnya zionis Israel.

Di Jepang

Lain di negara “gila perang”, lain pula di negara industri seperti Jepang, Korea Selatan, dan Cina. Di negara-negara ini Para pakar yang berotak encer membuat robot-robot untuk kepentingan industri dan rumah tangga.Untuk kepentingan industri otomotif, di Jepang dan Korea saat ini tidak kurang dari 15% tenaga produktifnya menggunakan jaringan robotik. Khususnya di tempat-tempat yang membutuhkan tingkat presisi dan kecermatan tinggi, misalnya dalam menyatukan mesin, dan menyambung bodo, mengelas bagian yang rumit, dan menyusun IC komputer, semuanya dilakukan oleh robot smart.

Di luar dari semua itu, kini di Jepang para pakar tengah membuat robot untuk membantu ibu-ibu rumah tangga muda, pengantin baru, untuk menggantikan bedinde yang selain mahal juga sekarang di negara sakura itu sudah tidak ada yang namanya pembantu.Robot pembantu rumah tangga itu dipamerkan dalam Expo Robotic di Tokyo beberapa bulan yang lalu. Pameran robot rumah tangga ini merupakan kerja sama antara Toyota Corporation dengan Universitas Tokyo.Kerja sama ini tidak hanya untuk penyelenggaraan pemeran, tetapi juga ke tahapan perangcangan dan pembuatan produknya.

Ada seratus lebih jenis robot rumah tangga,yang dipamerkan,dari sejak robot yang bertugas hanya sebagai penyedot debu hingga ke robot yang multiguna. Begitu juga dalam keragaman bentuk, ada yang hanya sebuah kotak,hingga ke robot berbentuk manusia.

Tingkat kecakapannya pun bervariasi, ada yang hanya bertugas untuk satu jenis tugas hingga ke berbagai ragam tugas. Pokoknya semua kebutuhan manusia,sudah di-copy ke dalam sebuah robot serbaguna itu dan ini tentu saja berkaitan erat dengan tinggi rendahnya harga yang berkorelasi kepada kecanggihan robot itu sendiri.

Dalam demo robot yang dikendalikan para pakar pembuatnya, misalnya robot “Rossy”, bertugas untuk membangunkan majikan setiap pagi agar tidak terlambat bangun untuk bekerja. Lucunya, robot Rossy juga menanyakan menu makanan apa yang dikehendaki. Setelah mendapat petunjuk, ia beraksi berangkat ke dapur menyiapkan makanan sarapan pagi lengkap dengan minum kopinya.Menu yang dirancang, benar-benar lengkap baik untuk breakfast, lunch, dan makan malam. Semua resep makanan khas Jepang, sudah terekam dalam otak robot tersebut. Harga satuan robot semacam Rossy ini diperhitungkan satu juta dolar AS lebih.

Sementara itu, robot yang hanya menyajikan servis minuman saja, dari sejak air bening ( fresh water ), kopi, minuman soda dan minuman beralkohol harganya kurang dari satu juta dolar AS. Melihat kenyataan ini, bukan tidak mungkin beberapa dekade yang akan datang setengah pekerjaan manusia akan digantikan oleh para robot.Lantas, bagaimana nasib para naker,yang saat ini banyak menganggur?
(Pikiran Rakyat)

Related Post



1 Response to "Robot untuk Berbagai Kepentingan"

keren,
jepang ada robot pembantunya.
indonesia jangan mau kalah dengan negara tersebut.
semangat. ^^


heater

:hi :-) :*) :ok :s) :D :o) :thx
:B) :)) J:) :-J :x :(( :| :(
:iq :# :? #-o :@ J:P :o :-o

Post a Comment

Jika sudah selesai membaca, jangan lupa kasih komentarnya yaa !